Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Dengan Berbantuan Software Electromechanical System Simulator Kelas XI TITL di SMKN 1 Pariaman.

Simanjuntak, Yudi D (2017) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Dengan Berbantuan Software Electromechanical System Simulator Kelas XI TITL di SMKN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YUDI_SIMANJUNTAK_1201888_632_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif sehingga hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Ketuntasan hasil belajar siswa pada semester juli - desember 2016 berjumlah 28 siswa TITL1 yang tuntas hanya 40% dan tidak tuntas 60%, selain itu dari 39 siswa TITL2 yang tuntas hanya 40% dan tidak tuntas 60%. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa salah satunya adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung yang cara pembelajarannya dilaksanakan secara prosedur dan deklratif dengan berbantuan software yang tepat, agar materi yang diajarkan oleh guru mudah dipahami oleh anak didik. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Direct Instruction pada mata pelajaran mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik berbantuan software ESS di SMKN 1 Pariaman Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain pretest-postest one group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL2 SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 28 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest berupa soal objektif sebanyak 30 item untuk pretest dan 30 item untuk posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Hasil penelitian terlihat dari hasil rata-rata skor pretest sebelum menggunakan alat peraga pembelajaran 62,43 dan rata-rata skor posttest setelah menggunakan alat peraga pembelajaran 83. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori rata-rata sedang yaitu 0,54. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran MSPEM di SMK Negeri 1 Pariaman, dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada mata pelajaran mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik berbantuan software ESS di SMKN 1 Pariaman .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:33
Last Modified: 17 Sep 2019 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23279

Actions (login required)

View Item View Item