Pengembangan Media Interaktif Microsoft PowerPoint pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMKN 2 Sawahlunto.

Wandini, Widya Apri (2017) Pengembangan Media Interaktif Microsoft PowerPoint pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMKN 2 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_WIDYA_APRI_WANDINI_1201894_264_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti tentang rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh perbedaan persepsi guru dan siswa. Perbedaan ini terjadi karena guru mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMKN 2 Sawahlunto masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran. Media interaktif Microsoft PowerPoint merupakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat siswa dan merangsang siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran PDE. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developmenr). Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah media interaktif Microsoft PowerPoint pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik, yang dikembangkan pada kompetensi dasar mendeskripsikan penggunaan peralatan tangan (hand tools). Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektivitas adalah siswa kelas X TITL 1 dan guru mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada satu orang dosen Teknik Elektro dan guru mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik sebagai validator. Data praktikalitas menggunakan angket yang disebarkan kepada siswa kelas X TITL 2 dan guru mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Hasil efektivitas diperoleh dari hasil posttest siswa kelas X TITL 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data validitas dari tim validator yaitu validator 1 sebesar 89.06% dan validator 2 sebesar 82.81% dengan kategori secara keseluruhan valid. Hasil praktikalitas guru diperoleh sebesar 89,58% dan siswa sebesar 90,63%. Hasil efektivitas 87,5%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan media interaktif dalam pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item