Rancang Bangun Robot Quadcopter UAV( Uhmaned Aerial Vehicle) menggunakan GPS (Global Positioning System) DJI Naza FPV(First Person View) Camera Stabilizer.

Sukma, Whindi Pratama (2017) Rancang Bangun Robot Quadcopter UAV( Uhmaned Aerial Vehicle) menggunakan GPS (Global Positioning System) DJI Naza FPV(First Person View) Camera Stabilizer. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_WHIDI PRATAMA SUKMA_1201894_264_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Saat ini, UAV telah digunakan untuk melakukan misi inteljen, pemantauan (surveillance), pengintaian (reconnaissance) serta misi serangan (attack). Quadcopter merupakan pesawat yang memiliki empat buah motor yang dikendalikan secara terpisah satu sama lainnya. Tujuan pembuatan tugas akhir ini merancang dan menguji robot quadcopter uhmaned aerial vehicle penggunaan robot quadcopter berguna untuk pengambilan gambar dari udara robot tersebut dilengkapi dengan penstabil kamera dan sistem first person view sebagai live monitoring di udara. Perancangan alat ini meliputi frame quadcopter menggunakan alumunium untuk membuat rangka quadcopter. Frame yang dirancang dari alumunium memiliki panjang 420 mm dan lebar 440 dan tinggi 200 mm. Komponen elektronik dari quadcopter adalah electronic speed control, motor brushless, fligh controller batrai, propeller, penstabil kamera dan sistem first person view pada quadcopter. Pemilihan propeller sangat berpengaruh pada agresifitas, kecepatan, dan kosumsi daya motor. Pemilihan electronic speed contol didasarkan pada besarnya arus maksimal dari motor brushless. Quadcopter tersebut disuplai dengan sebuah baterai lipo yang berkapasitas 4500mah. Untuk meningkatkan hasil kualitas foto dan video diperlukan gimbal 2 axis yang dapat mempertahakan posisi kamera dan mengurangi gonyangan yang disebabkan oleh quadcopter dan sistem first person view digunakan sebagai live monitoring pada saat quadcopter bermanuver di udara. Hasil pengujian terhadap quadcopter didapat bahwa gaya yang dibutuhkan untuk terbang 4.165 kg m/s2, untuk dapat bergerak keatas gaya harus lebih dari 2.08 kg m/s2 dan gaya tidak boleh lebih dari 8.33 kg m/s2 untuk dapat bergerak turun, dengan lama terbang 12 menit, efisiensi motor 89%. Untuk pengujian gimbal kamera stabilizer alat berfungsi dengan baik apabila quadcopter bergerak kekiri atau pun kekanan maka gimbal tersebut akan mempertahankan posisi kamera tidak miring, pengujian sistem first person view berfungsi dengan baik bisa live monitoring sehingga bisa memantau gambar ketika quadcopter sedang terbang di udara .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23275

Actions (login required)

View Item View Item