Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media Trainer PLC Omron Model HTN-CP1E40-02 pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik kelas XI TKL 1 di SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

Ramadhan, Syahrul (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media Trainer PLC Omron Model HTN-CP1E40-02 pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik kelas XI TKL 1 di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SYAHRUL_RAMADHAN_1203009_1775_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik kelas XI TKL 1 di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah proses pembelajaran yang tidak menarik dan cenderung membosankan serta belum efektifnya penggunaan media yang tersedia untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Trainer PLC Omron Model HTN-CP1E40- 02 untuk melihat hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain One Group Pretest- Posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKL1 SMK Negeri 2 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 27 orang siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari pretest dan posttest. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pretest sebelum penerapan metode pembelajaran CTL berbantuan media trainer PLC sebesar 71,28 dan rata- rata nilai posttest setelah penerapan metode pembelajaran CTL berbantuan media trainer PLC sebesar 84,39. Perhitungan menggunakan gain score didapatkan rata-rata peningkatan sebesar 0,48 artinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Trainer PLC Omron Model HTN-CP1E40- 02 terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik di kelas XI TKL1 SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item View Item