Penerapan Model Explicit Inrtuction Berbantuan 2012/1203026 Media Trainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika di Kelas X TITL2 Smk Negeri 1 Pariaman.

Putra, Soni Ramanda (2017) Penerapan Model Explicit Inrtuction Berbantuan 2012/1203026 Media Trainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika di Kelas X TITL2 Smk Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SONI_RAMANDA_PUTRA_1203026_346_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) menggunakanModel Explicit Intruction Berbantuan Media Trainer di SMK Negeri 1 Pariaman. Model Explicit Intruction ini dilatar belakangi oleh penggunaan model yang belum dapat meningkatkan aktifitas siswa, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan SMK Negeri 1 Pariaman pada mata pelajaran MDDE. Oleh karena itu, perlu penggunaan model Explicit Intruction Berbantuan Media Trainer dalam mata pelajaran MDDE di SMK Negeri 1 Pariaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest- posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X T I T L 2 SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 40 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa soal pilihan ganda. Sebelum soal tes digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas soal tersebut. Setelah dilakukan validasi soal dan reliabilitas soal didapat soal pilihan ganda pretest sebanyak 32 item dan soal posttest sebanyak 35 item yang digunakan sebagai soal tes dalam penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest sebelum menggunakan Model Explicit Intruction Berbantuan Media Trainer sebesar 73,38 dan rata-rata nilai posttest setelah menggunakan model Explicit Intuction Berbantuan Media Trainer sebesar 86,60. Perhitungan Gain Score terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan kategori sedang yaitu 0,497. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Explicit Intruction Berbantuan Media Trainer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL 2 SMK Negeri 1 Pariaman pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item View Item