Pengembangan Trainer Kendali Motor 3 Fasa pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI TITL di SMKN 1 Lembah Melintang.

Lubis, Sofyan (2017) Pengembangan Trainer Kendali Motor 3 Fasa pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI TITL di SMKN 1 Lembah Melintang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SOFYAN_1201876_699_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XI di SMK Negeri 1 Lembah Melintang menunjukkan bahwa trainer yang digunakan pada mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) khususnya pada kompetensi dasar mengoperasikan mesin produksi dengan pengendali elektromagnetik belum optimal. Perlu dilakukan pengembangan trainer pada topik tersebut dengan tujuan untuk menghasilkan trainer kendali motor 3 fasa yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produk final. Validator trainer terdiri dari dosen ahli media pembelajaran, dosen ahli materi pembelajaran MSPE, dan guru mata pelajaran MSPE. Validitas trainer diketahui berdasarkan pendapat validator terhadap trainer yang dikembangkan. Kepraktisan trainer dilihat dari pendapat guru matapelajaran dan siswa setelah menggunakan trainer. Efektifitas trainer dilihat dari penilaian kinerja siswa pada saat melakukan praktikum menggunakan trainer ini. Hasil validasi trainer yang dilakukan oleh 3 orang validator menyatakan bahwa rata- rata hasil validasi yakni 91% dengan kategori sangat valid. Ujicoba pemakaian menunjukkan tingkat kepraktisan 89,42% dengan kategori sangat praktis. Melalui penilaian kinerja (rubrik) terhadap 32 orang siswa diketahui bahwa 93,75% memperoleh hasil belajar ≥75 dengan nilai rata-rata 87,75 . Dapat disimpulkan bahwa trainer kendali motor 3 fasa ini valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23271

Actions (login required)

View Item View Item