Penerapan Trainer PLC OMRON Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik bagi Siswa Kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Hijriani, Siti (2017) Penerapan Trainer PLC OMRON Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik bagi Siswa Kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SITI_HAJRIANI_1203025_462_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (PLC) kelas XII Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Bukittinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya yaitu media pembelajaran PLC (Programmable Logic Controller) dimana PLC digunakan yaitu PLC Zelio Smart Relay dan software Zelio Soft. Hal ini tidak memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan pada Kurikulum 2013 yaitu menggunakan Media Pembelajaran PLC OMRON dan Software CX-Programmer. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian media pembelajaran menggunakan PLC OMRON dan Software CX-Programmer. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penilitian One Group Pretest-Posttest Time Series. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TIPTL 3 Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Bukittinggi. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari dua kali uji pretest dan dua kali posttest. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus Gainscore. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pretest 1 = 38,75 dan pretest 2 = 45,5 yang dilakukan sebelum menerapkan media pembelajaran Trainer PLC OMRON CP1E dan Software CX-Programmer. Setelah dilakukan penerapan media pembelajaran Trainer PLC OMRON CP1E dan Software CX-Programmer, didapatkan nilai rata-rata Posttest 1 = 63,55 dan posttest 2 = 85,85. Analisis hasil belajar mengunakan rumus Gainscore didapatkan rata-rata peningkatan dari beberapa perbandingan hasil tes, yaitu: perbandingan Gainscore 1 (Pretest 1 dan Posttest 1) = 0,407 dengan kategori sedang dan Gainscore 2 (Pretest 2 dan Posttest 2) =0,7625 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Trainer PLC OMRON CP1E dan Software CX-Programmer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di kelas XII TIPTL 3 Program Keahlian Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item