Pengembangan Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas II di Sekolah Dasar

Yulvia, Seveni (2017) Pengembangan Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas II di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SEVENI_YULVIA_1204651_1432_2017.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pop-up book ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah penggunaan media yang kurang bervariasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar yang menyebabkan siswa kurang antusias saat pembelajaran berlangsung. Mata pelajaran IPA adalah sebuah mata pelajaran yang sangat erat kaitannya dengan penggunaan media yang bervariasi. Media pop-up book ini dapat dijadikan sebagai salah satu media yang inovatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pop-up book pada mata pelajaran IPA di Sekolah yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk,( 4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh 4 validator yaitu 2 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 24 orang siswa kelas II di SD Negeri 21 Talao Mondam Batang Anai dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran angket, dokumentasi, dan format penilaian. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari guru bidang studi dan ahli media yakni, hasil validasi materi sudah dikategorikan sangat baik namun terdapat beberapa revisi ringan. Sedangkan hasil validasi media sudah dikategorikan sangat baik dan juga tedapat beberapa revisi ringan. Hasil analisis uji coba produk media pop-up bookberada pada kategori “Baik atau Praktis”. Uji efektifitas yang telah dilakukan didapatkan hasil thitung> ttabel yaitu 19,70 > 2,096 antara pretest dan posttest. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa media pop-up book dapat dikembangkan pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item