Korelasi Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan dan Perbaikan Motor Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Padang.

Rosi, Salnika (2017) Korelasi Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan dan Perbaikan Motor Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SALNIKA_ROSI_1101984_089_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan hal yang kompleks dan banyak kaitannya dengan pengetahuan dan perilaku. Rendahnya disiplin siswa dalam belajar merupakan salah satu pemicu tidak berhasilnya siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Pemeliharaan dan Perbaikan Motor Listrik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu disiplin belajar siswa sebagai variabel X, dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian untuk menyelidiki keadaan atau hal- hal yang telah terjadi dan diperkirakan dapat dijadikan penyebab dari keadaan yang sekarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 padang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI TITL tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Data primer berupa disiplin belajar yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada siswa kelas XI TITL sebagai responden penelitian, dan data sekunder yaitu data dari daftar hasil belajar siswa. Penyusunan instrumen menggunakan skala likert. Sebelum digunakan alat pengumpulan data dilakukan uji coba instrumen pada 30 orang siswa untuk mengetahui validitas dan reabilitas instrument. Hasil uji validitas didapatkan 28 dari 35 angket yang dinyatakan valid dan reliabel. Disiplin belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa kelas XI TITL di SMK Negeri 5 Padang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi pada pengujian hipotesis. Didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,734 yang berarti bahwa antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item View Item