Pengembangan Modul Pembelajaran pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika di Kelas X TITL SMK Negeri 1 Sumbar

Nafisa, Rizka (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika di Kelas X TITL SMK Negeri 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIZKA_NAFISA_1308833_2827_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar pada mata pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika (MDDE). Akibat dari kurang tersedianya bahan ajar siswa terbatasi untuk belajar secara aktif dan mandiri di kelas, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu diperlukan pengembangan modul pembelajaran yang dirancang agar siswa lebih terarah dan membangkitkan kemampuan siswa sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran MDDE. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah modul pembelajaran pada mata pelajaran MDDE dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar Memahami Simbol-simbol Komponen Elektronika. Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektivitas adalah siswa kelas X TITL dan guru mata pelajaran MDDE. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua orang dosen Teknik Elektro dan guru mata pelajaran MDDE sebagai validator. Data praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang disebarkan kepada guru mata pelajaran MDDE dan siswa kelas X TITL. Data efektivitas diperoleh dari hasil posttest siswa kelas X TITL. Hasil pengujian diperoleh data validitas modul adalah sebesar 96% dengan kategori sangat valid dan validitas materi rata-rata sebesar 90 % dengan kategori sangat valid. Hasi uji praktikalitas guru diperoleh sebesar 87% dengan kategori sangat praktis dan siswa sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas 86,66%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan modul pembelajaran MDDE yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:32
Last Modified: 17 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item View Item