Penerapan Model Pembelajaran Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Menelaksanakan Pengukuran Besaran Listrik di SMKN 1 Pariaman.

Yulanda, Rico (2017) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Menelaksanakan Pengukuran Besaran Listrik di SMKN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RICO_YULANDA_18643_1763_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give pada mata pelajaran MPBL pada kompetisi dasar kedua yaitu melakukan pengukuran besaran listrik dengan alat ukur analog dan digital. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian model Quasi Experimental. Subyek Penelitian adalah X TITL 1 dan X TITL 2 SMK Negeri 1 Pariaman, kelas X TITL 2 sebagai kelas ujicoba soal dan kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan tes awal (Pre-Test) berupa soal objektif sebanyak 30 item pertanyaan dan tes akhir (Post-Test) berupa soal objektif sebanyak 30 item pertanyaan. Selanjutnya, data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Take and Give pada Pre-Test sebesar 66,11, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Take and Give pada Post-Test sebesar 75,77. Sedangkan pada perhitungan uji Gain Score diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 0,319 pada kategori sedang. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Take and Give pada mata pelajaran Melaksanakan Pengukuran Besaran Listrik kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
Last Modified: 17 Sep 2019 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23259

Actions (login required)

View Item View Item