Teknik Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Padang

Pratama, Eki (2019) Teknik Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Eki_Pratama_15023047_3216_2019.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik penilaian hasil belajar, kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan teknik penilaian hasil belajar siswa dan solusi dari kendala-kendala yang dihadapi guru seni budaya pada penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran seni budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, teknik yang dipakai adalah trianggulasi sumber. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seni budaya di SMP N egeri 1 Kota Padang secara umum belum menerapkan penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013. Permasalahan yang dihadapi adalah 1) Guru mengalami kesulitan pada saat melakukan pengamatan diluar kelas, 2) jika ada siswa yang tidak sesuai dengan kompetensi capaian, 3) waktu yang terbatas untuk melakukan semua teknik penilaian sikap. Solusi untuk kendala-kendala tersebut adalah 1) Guru semaksimal mungkin memanfaatkan waktu, 2) Guru memotivasi siswa agar dapat lebih meningkatkan keaktifan dalam belajar seni budaya, 3) Guru memberikan contoh-contoh aktual dalam menyampaikan materi, 4) Guru melaporkan kepada kepala sekolah tentang sarana dan prasarana yang kurang, 5) Guru dan pihak sekolah berupaya untuk memberikan pengarahan, seminar dan penataran mengenai pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
Last Modified: 17 Sep 2019 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23254

Actions (login required)

View Item View Item