Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Metode Pembelajaran Ceramah pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X TITL SMK Negeri 1 Guguak.

Dwy Y., Putri Dhea (2017) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Metode Pembelajaran Ceramah pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X TITL SMK Negeri 1 Guguak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_PUTRI_DHEA_DWY_YULIANTI_1302321_3774_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keinginan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, yang berdampak terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut pada penelitian ini digunakan metode pembelajaran kooperatif yang dapat merangsang minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan metode pembelajaran ceramah pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di kelas X TITL SMK Negeri 1 Guguak. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL1 dan X TITL2 di SMKN 1 Guguak yang dipilih secara acak setelah uji-t satu arah. Dari hasil uji-t diperoleh kelas X TITL1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan penerapan metode tutor sebaya, dan kelas X TITL2 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan penerapan metode ceramah. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan instrument berupa soal objektif. Instrument yang digunakan telah di validasi, uji reliabilitas, indeks kesukaran, dan uji daya beda. Hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata (ttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode tutor sebaya memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 85,17, sedangkan kelas kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 80,9. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X TITL 1 dibandingkan dengan kelas X TITL 2 pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMKN 1 Guguak dengan taraf signifikan 0,05.. Dengan kata lain, metode yang lebih tepat untuk diterapkan pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMKN 1 Guguak, khususnya pada kompetensi dasar mendeskripsikan rangkaian digital dasar adalah tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
Last Modified: 17 Sep 2019 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item