Kontribusi Penguasaan Unsur Instrinsik terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Padang

Azzahra, Fatimah (2019) Kontribusi Penguasaan Unsur Instrinsik terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Fatimah_Azzahra_15016105_3112_2019.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan unsur instrinsik siswa kelas IX SMP Negeri 20 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 20 Padang. Ketiga, mendeskripsikan besamya kontribusi penguasaan unsur instrinsik terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 20 Padang yang terdaftar pada tahun 2018/2019, yaitu sebanyak 285 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 20% dari populasi, yaitu 57 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasaan unsur instrisik dan skor hasil tes keterampilan menulis cerita pendek. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan unsur instrinsik dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis cerita pendek. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 20 Padang secara umum berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan nilai rata-rata 72,15. Kedua, penguasaan unsur instrinsik siswa kelas IX SMP Negeri 20 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan nilai rata-rata hitung 69,76. Ketiga, penguasaan gaya bahasa berkontribusi terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 20 Padang sebesar 32,49%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa peguasaan unsur instrinsik berkontribusi terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Semakin baik penguasaan unsur instrisik (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis cerita pendek (Y). Dengan demikian, diperlukan penguasaan unsur instrik yang baik agar keterampilan menulis cerita pendek juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23245

Actions (login required)

View Item View Item