Efektivitas Media Piktogram dalam Mengingat Kanji pada Siswa Kelas XI SMA INS Kayutanam

Martis, Priade Yuli (2019) Efektivitas Media Piktogram dalam Mengingat Kanji pada Siswa Kelas XI SMA INS Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_Priade_Yuli_Marfis_15180027_4007_2019.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan pembelajar bahasa jepang pemula dalam mengingat huruf kanji. Bentuk huruf yang rumit memungkinkan pembelajar bahasa jepang pemula kesulitan dalam mengingat bentuk huruf. Sehingga dibutuhkan media yang efektif untuk meningkatkan daya ingat pembelajar bahasa jepang pemula. Media gambar piktogram diasumsikan sebagai media yang efektif dalam membantu pembelajar bahasa jepang dalam mengingat kanji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganjenis penelitian eksperimen semu dan dengan desain post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi SMA INS Kayutanam denganjumlah 24 siswa. Populasi dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas xi ipa sebagai kelas eksperimen sebanyak 12 siswa dan kelas xi ips sebagai kelas kontrol sebanyak 12 siswa dengan kondisi awal belum mempelajari kanji sama sekali. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar piktogram dalam mengingat kanji efektif dengan nilai thitung = 4,51 lebih besar dari ttabel (0,05) (11,11) = 2,07.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23238

Actions (login required)

View Item View Item