Pengembangan Trainer Untuk Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di Kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang

Nurhaliza, Nurhaliza (2017) Pengembangan Trainer Untuk Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di Kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NURHALIZA_1209003_1707_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik belum optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media trainer pengukuran listrik yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran pada Dasar dan Pengukuran Listrik. Tujuan dari penelitian ini : (1) Menghasilkan produk berupa media trainer yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, (2) Mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas media trainer Dasar dan Pengukuran Listrik yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Adapun uji validitas media pembelajaran menggunakan lembar validasi produk yang diberikan kepada 3 validator yang terdiri dari 2 dosen Teknik Elektro, 1 guru mata pelajaran. Efektifitas media trainer dilihat dari penguasaan materi oleh siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media trainer. Hasil validasi diperoleh tingkat validasi yaitu validator 1 dengan persentase 90.66% (dikategorikan sangat valid), validator 2 dengan persetase 88% (sangat valid) dan validator 3 dengan persentase 92% (sangat valid). Hasil pengujian praktikalitas diperoleh dari guru mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dengan persentase 89.28% (dikategorikan sangat praktis) dan dari siswa dengan rata-rata 89.04%. Hasil pengujian efektivitas disimpulkan bahwa media yang dikembangkan tergolong efektif, dapat dilihat dari perolehan nilai siswa diatas KKM yaitu 80. Maka dapat disimpulkan bahwa trainer Dasar dan Pengukuran Listrik yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23233

Actions (login required)

View Item View Item