Sistem Detektor Ketinggian Air Pada Runway Pesawat Terbang Untuk Mencegah Kecelakaan Pesawat Akibat Peristiwa Hydroplaning Menggunakan Visual Basic 6.0 Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535

Maryunis, Maryunis (2017) Sistem Detektor Ketinggian Air Pada Runway Pesawat Terbang Untuk Mencegah Kecelakaan Pesawat Akibat Peristiwa Hydroplaning Menggunakan Visual Basic 6.0 Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MARYUNIS_1201996_916_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Sistem Detektor Ketinggian Air Pada Runway Pesawat Terbang Untuk Mencegah Kecelakaan Pesawat Terbang Akibat Peristiwa Hydroplaning Menggunakan Visual Basic 6.0 Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535 ini bertujuan untuk memberi informasi tinggi air pada runway, sehingga dapat membantu pihak pengelola bandara dalam keputusan terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan pesawat terbang akibat peristiwa hydroplaning. Pada saat ini keberadaan pendeteksi ketinggian air masih secara manual. Sehingga petugas bandara harus membutuhkan tenaga dan waktu untuk memonitoring ketinggian pada saat turun hujan. Pekerjaan tersebut sangatlah tidak efisien dan beresiko terhadap keselamatan kerja. Oleh sebab itu untuk mempermudah pekerjaan petugas, dirancanglah sebuah alat pendeteksi ketinggian air otomatis yang bekerja berdasarkan tinggi air dan dapat dipantau melalui Personal Computer (PC) sehingga efisiensi kerja dapat dicapai. Pembuatan Tugas Akhir ini dibagi atas dua bagian yaitu pembuatan Hardware dan Software. Pembuatan Hardware digunakan beberapa komponen diantaranya adalah Mikrokontroler ATMega8535 yang berfungsi untuk mengatur seluruh kinerja sistem yang digunakan. Untuk pendeteksi ketinggian level air digunakan sensor ultrasonik HC-SR04, yang juga berfungsi sebagai input untuk mengaktifkan buzzer pada runway. Buzzer digunakan sebagai pemberi sinyal tanda bahaya ketika level air berada pada ketinggian maksimum. Pada alat ini juga digunakan Personal Computer (PC) sebagai pemantau pergerakan air. Pembuatan Software pada Tugas Akhir ini menggunakan 2 bahasa pemrograman yaitu bahasa pemrograman Bascom-AVR yang digunakan sebagai program pada Mikrokontroler dan Visual Basic 6.0 sebagai software untuk melihat tinggi air pada runway. Hasil pengujian alat ini bekerja sesuai dengan ketinggian air pada alat, dimana setiap perubahan air akan dideteksi oleh sensor ultrasonik HC-SR04. Dari hasil pengujian terdapat rata-rata persentase error 17,4 % pada pengujian sensor Ultrasonik HC-SR04 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23229

Actions (login required)

View Item View Item