Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Make a Match dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Ketenagalistrikan di SMKN 1 Kec Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Fajri, Ilham (2017) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Make a Match dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Ketenagalistrikan di SMKN 1 Kec Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ILHAM_FAJRI_1307248_727_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh banyak hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Rendah nya hasil belajar siswa ini disebabkan karena kegiatan belajar yang masih monoton dan tidak menarik perhatian siswa dimana pembelajaran masih berpusat pada guru yaitu dengan menggunakan metode ceramah. Metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match diduga sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran Dasar-Dasar Elektronika kelas X Ketenagalistrikan di SMKN 1 Kec Guguak, karena pada proses pembelajaran Dasar-Dasar Elektronika dibutuhkan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan melakukan pembelajaran berkelompok dan berdiskusi. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan metode make a match dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitian kelas X TITL1 yang berjumlah 30 orang siswa dan X TITL2 yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan secara acak, artinya setiap kelas mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih, dengan cara undian. Uji instrumen dilakukan di lokal teknik audio kelas X TAV SMKN 1 Kec Guguak, karena kemampuan siswa diduga sama dengan siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan. Hasil penelitian terlihat dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode kooperatif tipe Make a Match memliki rata-rata 81,77 dan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 75,40 Nilai hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan metode Make a Match dengan pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika di SMKN 1 Kec Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bahwa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang sejajar atau setingkat dengan Dasar-Dasar Elektronika, dapat dilakukan metode pembelajaran make a macth.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23228

Actions (login required)

View Item View Item