Pengembangan MediaPembelajaran Trainer Sistem Kendali Elektronik pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik Kelas XI di SMK N 2 Lubuk Basung.

Gentiawireksi, Frinke (2017) Pengembangan MediaPembelajaran Trainer Sistem Kendali Elektronik pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik Kelas XI di SMK N 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FRINKE_GENTIAWIREKSI_1101948_551_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu mengajar yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini dikembangkan media trainer sistem kendali elektronik pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik (MSKE). Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) menghasilkan trainer sistem kendali elektronik yang valid, praktis, dan efektif; (2) menghasilkan jobsheet untuk media trainer sistem kendali elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan R&D (Research & Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasui (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran pada mata pelajaran MSKE yang dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar membuat rangkaian kendali elektronik sederhana. Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektivitas adalah siswa kelas XI TITL dan guru mata pelajaran MSKE. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua orang dosen Teknik Elektro dan dua guru MSKE sebagai validator. Data praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang disebarkan kepada guru MRL dan siswa kelas XI TITL. Data efektivitas diperoleh dari hasil posttest siswa kelas XI TITL . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data moment kappa validitas dari tim validator sebesar 0,91 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh persentase sebesar 82% dengan kategori praktis dan 28 siswa sebesar 88% dengan kategori praktis. Hasil uji efektivitas sebesar 89,3%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran trainer sistem kendali elektronik yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23225

Actions (login required)

View Item View Item