Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL pada Mata Pelajaran Merawat Peralatan Rumah Tangga di SMK Negeri 1 Batipuh.

Priadi, Eko Agus (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL pada Mata Pelajaran Merawat Peralatan Rumah Tangga di SMK Negeri 1 Batipuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_EKO_AGUS_PRIYADI_1203011_1968_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat, menyebabkan siswa tidak aktif, tidak memperhatikan guru dan kurang termotivasi dalam belajar. Dampak dari penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Merawat Peralatan Rumah Tangga Listrik kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Batipuh, menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitian kelas XI TITL1 dan TITL 2 di SMK Negeri 1 Batipuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Penentuan kelas dilakukan secara acak menggunakan teknik random sampling/acak. Dari hasil pengambilan sampel secara acak, diperoleh kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol atau kelas uji coba instrumen penelitian. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif yang valid, reliabil. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari pretest dan posttest. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus gain score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebelum menerapkan metode Inkuiri sebesar 69,10 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 36% dan yang tidak tuntas 64%. Setelah diterapkan metode pembelajaran Inkuiri didapatkan rata-rata nilai postest 76,22 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 71% dan yang tidak tuntas 29%. Perhitungan gain score didapatkan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 0,35 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Merawat Peralatan Rumah Tangga Listrik kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Batipuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23219

Actions (login required)

View Item View Item