Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Kemudi Siswa Kelas XII Jurusan Otomotif Program Studi Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung.

Kamsi, Edwar (2017) Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Kemudi Siswa Kelas XII Jurusan Otomotif Program Studi Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_EDWAR_KAMSI_1206417_519_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Minat wirausaha adalah suatu rasa suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktifitas wirausaha tanpa ada yang menyuruh untuk menciptakan sebuah usaha tersebut. Panti Prestasi belajar adalah sesuatu yang diperoleh siswa dari usaha belajar yang diukur dengan tes dalam bentuk angka untuk mengukur penguasaan siswa terhadap tujuan pengajaran. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang menunjukkan adanya minat berwirausaha yang kurang dari peserta didik yang terlihat dari kecilnya jumlah wirausahawan tamatan SMK dari badan pusat statistik dan kurangnya hasil ujian mid semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara minat berwirausaha dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 49 siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan dengan klasifikasi 32 siswa kelas XII KR 1 dan 17 siswa XII KR 2. Alat pengumpul data adalah angket. Data diolah dengan menggunakan Microsoft excel. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif yaitu dengan mencari skor mean, standar deviasi, range skor minimum dan maksimum serta persentase. (2) uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas dan linearitas. (3) pengujian hipotesis statistik yaitu dengan uji korelasi dan uji keberatian korelasi. Temuan penelitian tentang hubungan minat wirausaha dengan hasil belajar yaitu: (1) persentase minat wirausaha siswa adalah 80,47 % dan termasuk kategori baik. (2) persentase Prestasi belajar adalah 77,10 % dan termasuk kategori cukup baik. (3) hubungan antara minat berwirausaha dengan hasil belajar yaitu dengan klasifikasi harga r hitung > r tabel (0.447 > 0.276), dengan arti kata terdapat hubungan cukup kuat (0,447) antara keduanya yang berarti. Dengan keberatian t hitung 3,429> t tabel 2.0518, Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada sekolah agar dapat meningkatkan minat berwirausaha guna membantu membaikkan hasil belajar kususnya pelajaran memperbaiki system kemudi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:29
Last Modified: 16 Sep 2019 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23218

Actions (login required)

View Item View Item