Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pariaman

Ana M Nainggolan, Ana M Nainggolan (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANA_M._NAINGGOLAN_1201887_844_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif course review horay pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika yang ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 39 orang, kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 38 Orang dan kelas X TITL 3 sebagi kelas uji coba posttest. Penentuan kelas dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada, yang sebelumnya dilakukan analisis ulangan harian 1 dengan menggunakan uji anova satu arah untuk membuktikan bahwa ketiga kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi yang diperoleh selama proses pembelajaran, angket aktivitas belajar, dan soal objektif posttest sebanyak 28 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persentase dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Aktivitas siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika dengan menggunakan lembar observasi berada pada persentase 86% dan melalui angket aktivitas berada pada persentase 85% keduanya berada pada kriteria sangat aktif, sedangkan aktivitas belajar siswa kelas kontrol yang diperoleh dari angket aktivitas berada pada kriteria aktif atau 78%; (2) Hasil Belajar siswa yang menggunakan tes berupa soal diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 77, sedangkan kelas kontrol adalah 65,05. Dengan analisis uji beda rata-rata pada taraf signifikan 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (3) Model pembelajaran kooperatif tipe course review horay efektif ditinjau dari aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:55
Last Modified: 16 Sep 2019 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23214

Actions (login required)

View Item View Item