Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Festo Fluidsim dan Model pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Siswa Kelas XI TITL SMKN 1 Lembah Melintang.

Middin, Ali (2017) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Festo Fluidsim dan Model pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Siswa Kelas XI TITL SMKN 1 Lembah Melintang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ALI_MIDDIN_1201880_1588_2017.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) masih rendah dan masih terdapat siswa yang belum mencapai KKM. Terlihat dari ketuntasan belajar siswa kelas XI TITL yang tuntas hanya berkisar 40 % dan tidak tuntas 60 %. Hal ini dapat terjadi akibat siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu media pembelajran yang mampu melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik meningkat. Media pembelajaran Festo Fluidsim dapat diterapkan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan memahami materi serta bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media Festo Fluidsim dengan model nyata dalam pembelajaran MSPE pada siswa kelas XI TITL di SMKN 1 Lembah Melintang Kab. Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitian kelas XI TITL di SMKN 1 Lembah Melintang Pasaman Barat, yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari kelas XI TITL 1 dan kelas XI TITL 2. Dari kedua kelas ini dipilih secara acak, kelas XI TITL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen. Untuk melihat kemampuan awal siswa dilakukan analisis nilai Ulangan Harian (UH) pada Kompetensi Dasar (KD) sebelumnya pada mata pelajaran MSPE. Penentuan kelas secara acak dilakukan karena rata-rata hasil Ulangan Harian siswa tidak berbeda secara signifikan. Hasil belajar siswa yang menggunakan media Festo Fluidsim memiliki rata-rata 79,14 dan hasil belajar siswa yang menggunakan model nyata memiliki rata-rata 73,33. Hasil ≥ yaitu 3,398 > 1,672 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media Festo Fluidsim dengan model nyata dalam pembelajaran MSPE di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:55
Last Modified: 16 Sep 2019 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item View Item