Perbandingan Pencapaian Basil Belajar Siswa Antara Penerapan Buku Ajar Fisika Terintegrasi Kecerdasan Sosial dan Buku Ajar di Sekolah Pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar pada Siswa Kelas X SMAN 16 Padang

Sari, Yenni Nofita (2019) Perbandingan Pencapaian Basil Belajar Siswa Antara Penerapan Buku Ajar Fisika Terintegrasi Kecerdasan Sosial dan Buku Ajar di Sekolah Pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar pada Siswa Kelas X SMAN 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Yenni_Nofita_Sari_15033068_2066_2019.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 pada setiap satuan pendidikan bertujuan agar siswa mampu meningkatkan pengetahuan, membangun nilai-nilai karakter dan akhlak mulia dalam diri untuk mampu bersikap dan berprilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, kurikulum 2013 dikembangkan agar siswa memiliki karakter dan kompetensi yang utuh atau komprehensif, artinya terdapat kebersinambungan antara kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tidak dapat dipisahkan. Kenyataan dilapangan pencapaian kompetensi siswa masih rendah dan didominasi pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan belum melibatkan kompetensi sikap sebagai dampak penyertanya. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan buku ajar fisika terintegrasi kecerdasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan buku ajar terintegrasi kecerdasan sosial dan buku ajar yang ada di sekolah pada SMAN 16 Padang. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 16 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan mengombinasikan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 72 siswa. Intrumen penelitian terdiri dari lembar observasi sikap sosial siswa, lembar posttest, dan lembar penilaian unjuk kinerja. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis konversi skor ke nilai, statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk seluruh kompetensi siswa. Pada analisis data kompetensi sikap diri dan sosial, pengetahuan serta keterampilan data terdistribusi normal dan homogen, selanjutnya melalui uji kesamaan dua rata-rata, pada kompetensi sikap diri dan sosial didapatkan thitung = 3, 789, pada kompetesi pengetahuan nilai thitung = 3,544, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung = 2,538, sedangkan nilai ttabel(0,975;70)=1,9966 yang membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel, dengan kriteria penerimaan Ho jika _ t < t < t l-a/2 h t,_a12 atau -1,996 < th < 1,996 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang berarti antara penerapan buku ajar fisika terintegrasi kecerdasan sosial dengan buku ajar disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:55
Last Modified: 16 Sep 2019 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23204

Actions (login required)

View Item View Item