Perbedaan Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Setelah Penggunaan LKPD Virtual Laboratory pada Materi Kemagnetan di Kelas XII SMAN 5 Padang

Oktaviani, Yolvi (2019) Perbedaan Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Setelah Penggunaan LKPD Virtual Laboratory pada Materi Kemagnetan di Kelas XII SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Yolvi_Oktaviani_15033085_1075_2019.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi fisika peserta didik, salah satu penyebabnya adalah kegiatan praktikum yang belum optimal dilaksanakan di sekolah, karena keterbatasan alat dan waktu maka dilaksanakan dengan menggunakan LKPD virtual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan yang berarti penggunaan LKPD virtual laboratory pada kelas eksperimen dan tanpa LKPD virtual laboratory untuk kelas kontrol terhadap pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik pada materi kemagnetan di kelas XII SMA Negeri 5 Padang. Penelitian ini tergolong quasi experimental design dengan rancangan posttest only control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XII tahun ajaran 2018/2019. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini hanya terfokus pada pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik yang diperoleh melalui posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t. untuk melihat perbedaan hasil belajar kedua kelas sampel tersebut. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kompetensi pengetahuan peserta didik kelas kontrol adalah 81,33 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 86,00. Hasil hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf a = 0,05 diperoleh thitung = 3,19 dan ttabel = 2,00 sehingga thitung > ttabel maka H1 pada penelitian ini diterima dan tolak Ho. Berdasarkan analisis data kedua kelas sampel tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan LKPD virtual laboratory.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:55
Last Modified: 16 Sep 2019 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23203

Actions (login required)

View Item View Item