Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Conceptual Understanding Procedures (CUPS) terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 3 LENGAYANG

Putra, Nanda Perdana (2019) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Conceptual Understanding Procedures (CUPS) terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 3 LENGAYANG. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Nanda_Perdana_Putra_1106320_793_2019.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik pada mata pelajaran IPA belum menunjukkan basil yang optimal karena peserta didik belum terbiasa untuk menemukan, mencari, dan memecahkansendiri konsep-konsep yang dipelajari melainkan hanya mendengarkan dan menuliskan apa yang disampaikan oleh guru. Guru lebih sering menyampaikan materi pembelajaran dengan metoda ceramah dibandingkan melakukan kegiatan praktikum di laboratorium. Selain itu, peserta didik masih bergantung pada apa yang disampaikan oleh guru dan rendahnya minat atau kemauan dari peserta didik untuk membaca juga dapat menyebabkan rendahnya kompetensi peserta didik. Kegiatan penilaian yang masih menitik beratkan pada penilaian akhir saj a harus diubah menj adi penilaian autentik, dimana penilaian autentik menilai mulai dari persiapan, proses, dan basil akhir dari kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti memilih menggunakan model Conceptual Understanding Procedures (CUPS) dengan penilaian autentik untuk dapat meningkatkan kompetensi peserta didik. Penelitian ini dibatasi pada materi kalor dan energi yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan model CUPS terhadap peningkatan kompetensi peserta didik kelas VII SMPN 3 Lengayang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasy Eksperiment Research dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Lengayang yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data kompetensi pengetahuan diperoleh melalui tes tertulis, Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian diperoleh bahwa data kompetensi pcngetahuan, rata-rata kelas eksperimen 78,36 lcbih tinggi daripada kelas kontrol 70,26. Data tersebut terdistribusi normal dan variansnya homogen maka dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t, diperoleh thitung=2,378 dan t1abe1=2,019. Dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis model CUPS dengan memberikan pengaruh terhadap peningkatan pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VII SMPN 3 Lengayang pada ketiga kompetensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:55
Last Modified: 16 Sep 2019 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23202

Actions (login required)

View Item View Item