Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi Sarang Laba-laba pada Proyek Pembangunan Gedung Teacher Professional and Training Center Universitas Negeri Padang)

Yusa, Ari Putrada (2017) Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi Sarang Laba-laba pada Proyek Pembangunan Gedung Teacher Professional and Training Center Universitas Negeri Padang). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ARI_PUTRADA_YUSA_16351730_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Padang, disingkat UNP adalah perguruan tinggi negeri di Padang, Sumatera Barat. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang menganut sistem Tridharma Perguruan Tinggi dalam menjalankan fungsinya. UNP sebagai lembaga pendidikan juga memiliki tenaga pendidik yang ikut ambil bagian dalam menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang berkualitas. Sebagai Universitas terbaik di Sumatera Barat, UNP terus berbenah, salah satu buktinya adalah dengan terus membangun gedung-gedung baru salah satunya gedung Teacher Professional and Training Center demi meningkatan kualitas tenaga pendidik. Gedung Teacher Professional and Training Center merupakan bangunan gedung dengan 4 (empat) lantai. Pembangunan gedung ini menggunakan pondasi sarang laba-laba. Pondasi sarang laba-laba merupakan salah satu jenis pondasi dangkal. Pekerjaan pondasi sarang laba-laba terdiri dari beberapa tahap diantaranya: pekerjaan persiapan, pekerjaan pembetonan rib dan tahap finishing. Pada proses pelaksanaan pekerjaan pembetonan rib dan finishing dan beberapa masalah yang terlihat pada pembangunan gedung Teacher Profssional and Training Center, seperti : pembongkaran bekisting untuk beton seharusnya memerlukan waktu minimal 7 hari sesuai dengan SNI 03-1974-1990, namun di lapangan kurang dari 7 hari dan dalam pelaksanaan pekerjaan finishing ada juga beberapa masalah seperti timbunan dan pelat beton yang dicor diatasnya sehingga dihasilkan pondasi sarang laba-laba atau KSLL. Agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan tepat waktu, seharusnya pengawas lapangan selalu berada di lapangan pada saat jam kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:54
Last Modified: 16 Sep 2019 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23189

Actions (login required)

View Item View Item