Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi Di FMIPA Universitas Negeri Padang Menggunakan Analisis Korespondensi

Ridwan, Alma’a (2018) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi Di FMIPA Universitas Negeri Padang Menggunakan Analisis Korespondensi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ALMA'A_RIDWAN_1207775_3694_2018.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Padang memiliki 8 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Fakultas Matematika dan IPA memiliki 9 program studi yaitu Pendidikan Matematika, Matematika, Pendidikan Fisika, Fisika, Pendidikan Kimia, Kimia, Pendidikan Biologi, Biologi, dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Diploma 3 Statistika. Salah satu analisis statistika yang dapat digunakan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih program studi di FMIPA UNP adalah Analisis Korespondensi. Permasalahan dalam penilitian ini adalah alasan mahasiswa memilih program studi di FMIPA Universitas Negeri Padang dengan faktor biaya kuliah, akreditasi program studi, beasiswa, pengaruh teman, pengaruh orang tua, institusi universitas, dan prospek lulusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik mahasiswa dan kecenderungan tingkat keberpengaruhan mahasiswa terhadap pemilihan program studi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang jalur masuk SBMPTN angkatan 2014-2017 yang terdaftar pada semester Januari-Juni 2018. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korespondensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor akreditasi program studi, pengaruh orang tua, dan prospek lulusan merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam pemilihan program studi. Faktor beasiswa, biaya kuliah, dan institusi universitas merupakan faktor yang berpengaruh dalam pemilihan program studi. Faktor pengaruh teman merupakan faktor yang tidak berpengaruh dalam pemilihan program studi. Serta tidak terdapat faktor yang sangat tidak berpengaruh dalam pemilihan program studi di FMIPA Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:54
Last Modified: 16 Sep 2019 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23180

Actions (login required)

View Item View Item