Preferensi Konsumen Supermarket Plaza Andalas dalam Memilih Produk Pasta Gigi dengan Menggunakan Analisis Konjoin

Harahap, Agus Viyan (2018) Preferensi Konsumen Supermarket Plaza Andalas dalam Memilih Produk Pasta Gigi dengan Menggunakan Analisis Konjoin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_AGUS_VIYAN_HARAHAP_1307529_4055_2018.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Pasta gigi merupakan salah satu kebutuhan yang penting sebagai alat perlengkapan mandi bagi setiap orang. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan gigi membuat produsen pasta gigi sering kali mengeluarkan pasta gigi jenis baru. Oleh karenanya perlu dilakukan evaluasi terhadap pasta gigi tersebut. Evaluasi yang sangat berarti adalah evaluasi dari sisi konsumen yang merupakan pihak yang terlibat langsung dengan pembelian pasta gigi. Proses evaluasi pasta gigi tentu berkaitan erat dengan preferensi konsumen terhadap pemilihan pasta gigi itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang menjadi pilihan konsumen dalam melihat kepuasan konsumen terhadap produk pasta gigi dan mengetahui atribut apa yang paling penting bagi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengunjung supermarket Plaza Andalas Kota Padang yang membeli pasta gigi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, dikarenakan pengambilan data dengan primer, maka penentuan ukuran sampel menggunakan metode slovin dengan banyaknya sampel sebesar 97 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan taraf tertinggi pada atribut harga adalah harga yang kurang dari Rp. 6.000 dengan nilai utilitas sebesar 27,917, atribut khasiat adalah dengan khasiat yang dapat mencegah gigi berlubang dengan nilai utilitas sebesar 25,375, atribut kemasan adalah dengan kemasan berukuran besar dengan nilai utilitas sebesar 16,790 dan untuk atribut rasa adalah dengan rasa herbal dengan nilai utilitas sebesar 6,125. Atribut yang paling penting bagi konsumen supermarket Plaza Andalas dalam memilih produk pasta gigi adalah atribut harga dengan tingkat kepentingan relativf sebesar 40,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:54
Last Modified: 16 Sep 2019 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23179

Actions (login required)

View Item View Item