Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dengan Model PembelajaranProblem Solving terhadapKompetensi Siswa Kelas X di SMA Pertiwi 1 Padang

Aberta, Everly (2019) Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dengan Model PembelajaranProblem Solving terhadapKompetensi Siswa Kelas X di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Everly_Aberta_15033105_1129_2019.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pengetahuan awal siswa kurang diperhatikan, kurangnya guru menjelaskan tentang masalah-masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari, guru jarang melibatkan siswa secara aktif dalam pemecahan masalah, serta fasilitas laboratorium disekolah tidak memadai. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembelajaran untuk mengatasi masalah dengan model pembelajaran problem solving yang dilengkapi dengan praktikum virtual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan LKS virtual laboratory dengan model pembelajaran problem solving terhadap kompetensi siswa kelas X di SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian yang dilakuan adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan "factorial design 2x2 ". Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan dan lembar penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Data dari penelitian dianalisis dengan analisis ANAVA dua arah. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa penggunaan LKS virtual laboratory dalam model pembelajaran problem solving telah memberikan pengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa kelas X di SMA Pertiwi 1 Padang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang berarti kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa antara kelas yang menggunakan LKS virtual laboratory dengan LKS nonvirtual laboratory dalam model pembelajaran problem solving, sedangkan pengetahuan awal tidak berpengaruh dalam penerapan LKS dengan model pembelajaran problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:08
Last Modified: 12 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23169

Actions (login required)

View Item View Item