Peningkatan Keterampilan Menggambar SiswaBMelalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknik Kelas X TGB SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan.

Candra, Zulfahmi (2017) Peningkatan Keterampilan Menggambar SiswaBMelalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknik Kelas X TGB SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ZULFAHMI_CANDRA_1106710_1542_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk melihat apakah terjadi peningkatan keterampilan menggambar siswa melalui model pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran Dasar- Dasar Gambar Teknik Kelas X TGB SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan kelas sepuluh SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pembelajaran melalui model pembelajran Picture and Picture. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat untuk mengumpulkan data setiap siklus berupa lembaran observasi terhadap proses kegiatan menggambar dan hasil pekerjaan menggambar. Jumlah aspek keterampilan menggambar terdiri dari 6 aspek. Dalam penelitian ini yang menjadi titik fokus pada peningkatan keterampilan menggambar siswa adalah terhadap aspek ketepatan waktu penyelesaian tugas menggambar. Nilai keterampilan siswa terhadap aspek ketepatan waktu penyelesaian tugas menggambar pada Pra Siklus adalah 35,29%. Dengan dilakukan tindakan pada Siklus I diperoleh nilai keterampilan siswa terhadap aspek ketepatan waktu penyelesaian tugas menggambar sebesar 77,65%. kemudian dengan melakukan perbaikan terhadap kelemahan dari Siklus I, maka pada Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 2,35% menjadi 80,00%. Berdasarkan hasil tersebut nilai keterampilan siswa terhadap aspek ketepatan waktu penyelesaian tugas menggambar dapat dinyatakan dengan “kriteria baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan menggambar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Dasar- Dasar Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:08
Last Modified: 12 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23167

Actions (login required)

View Item View Item