Pembuatan LKPD Berbasis Model Discovery Learning Bermuatan Nilai-nilai Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls

Rusni, Afriza (2019) Pembuatan LKPD Berbasis Model Discovery Learning Bermuatan Nilai-nilai Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Afriza_Rusni_54937_780_2019.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

LKPD merupakan salah satu jenis bahan ajar yang digunakan sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah termasuk dalam pembelajaran Fisika. Kenyataan di sekolah, pada proses pembelajaran yang terjadi khusus nya mata pelajaran Fisika diperoleh hasil belajar masih rendah. Salah satu penyebab nya penggunaan LKPD yang digunakan belum optimal . Karakter mulia yang dituntut kurikulum juga belum terlihat dalam LKPD. Disamping itu LKPD yang digunakan belum berbasis model Discovery Learning secara optimal. Salah satu bahan ajar yang dapat mengatasi masalah ini adalah LKPD berbasis model Discovery Learning bermuatan nilai-nilai karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis model Discovery Learning bermuatan nilai-nilai karakter untuk meningkatkan kompetensi fisika peserta didik pada materi usaha dan energi, momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan objek penelitian adalah LKPD berbasis model Discovery Learning bermuatan nilai-nilai karakter. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validitas untuk ahli untuk menentukan validitas produk. Lembar kepraktisan untuk siswa berupa angket untuk menentukan kepraktisan LKPD berbasis model Discovery Learning bermuatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Pertama, LKPD berbasis model Discovery Learning bermuatan nilai-nilai karakter pada materi usaha dan energi dan momentum dan impuls adalah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran Fisika. Hal ini ditandai dengan nilai rata- rata validitas dari tenaga ahli dan praktisi masing-masing adalah 84,97 dan 95,83. Bahan ajar juga memiliki deskripsi yang baik. Kedua, penggunaan bahan ajar Fisika ini dalam pembelajaran siswa SMA kelas X adalah praktis berdasarkan hasil angket dengan nilai rata-rata kepraktisan adalah 81,02.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:08
Last Modified: 12 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23166

Actions (login required)

View Item View Item