Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018

Naufal D K, Zaid (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ZAID_NAUFAL_DICKA_KURAMA_TUNGGA_1301385_3785_2018.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, terlihat bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengam model pembelajaran TPS lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan sampel kelas VIII.1 dan VIII.6. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika peserta didik. Data hasil tes akhir peserta didik dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh beberapa hal sebagai berikut: 1) Uji hipotesis data diperoleh P-value sebesar 0,006 yang mana P-value lebih kecil daripada taraf nyata sebesar 0,05, maka H0 ditolak atau H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran TPS lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. 2) Pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan TPS terlihat baik pada beberapa indikator yaitu pada indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengidentifikasikan sifat-sifat operasi atau konsep, menerapkan konsep secara logis, mengaitkan berbagai konsep dalam matematika maupun di luar matematika, serta mengembangkan syarat perlu dan/atau syarat cukup suatu konsep. Dengan demikian, model TPS memberikan pengaruh positif dalam kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:08
Last Modified: 12 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item