Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang

Yufeni, Widia (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WIDIA_YUFENI_1305644_3369_2018.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah suatu hal penting dalam pembelajaran matematika. Pada kenyataannya, ditemukan fakta bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa penyebabnya siswa mengerjakan soal, hanya berpatokan pada contoh yang diberikan guru, kebanyakan siswa tidak mempunyai cara yang berbeda dari yang sudah diajarkan oleh guru, akibatnya kreatifitas siswa tidak berkembang. Hal ini karena dalam pembelajaran matematika kreatifitas sangat penting untuk menyelesaikan soal matematika. Dari informasi tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis kreativitas siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika di SMP Negeri 8 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru matematika SMP Negeri 8 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika tergolong baik. Siswa berada pada tingkat sangat kreatif dan kreatif yaitu sebanyak 84,37%. Pada komponen kefasihan, siswa mampu menghasilkan banyak ide, solusi jawaban serta kelancaran dalam menyelesaikan soal. Pada komponen fleksibilitas, siswa mampu menggunakan bermacam-macam pendekatan atau cara yang berbeda dalam menyelesaikan soal. Pada komponen kebaruan, siswa mampu menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda dan unik. Secara keseluruhan siswa yang termasuk sangat kreatif sebanyak 9 siswa (28,12%), kreatif sebanyak 18 siswa (56,25%), cukup kreatif sebanyak 4 siswa (12,5%) dan kurang kreatif sebanyak 1 siswa (3,13%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:07
Last Modified: 12 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23161

Actions (login required)

View Item View Item