Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Bahan Bangunan di SMK Negeri 1 Batipuh.

Heriandi, Rudi (2017) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Bahan Bangunan di SMK Negeri 1 Batipuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RUDI_HERIANDI_1202957_735_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian siswa dalam belajar seperti: siswa mencontek pekerjaan temannya karena merasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri, siswa belum mampu mengatur dan mengelola diri untuk kegiatan belajar, dan siswa menunggu untuk diperintah orang lain dalam belajar. Indikasi ini terlihat juga pada saat siswa menghadapi ujian ulangan semester dan tengah semester, siswa tidak serius dalam mengerjakan soal berdampak pada hasil ujian yang menunjukkan di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Jenis penelitian ini adalah deskritif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu, seluruh siswa Kelas XI Jurusan TKK dan Kelas XI jurusan TGB SMK Negeri 1 Batipuh sebanyak 39 orang. Sampel penelitian sebanyak 39 siswa yang diambil secara total sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui angket mengenai Kemandirian Belajar yang disebarkan kepada siswa, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar berupa nilai MID Semester mata pelajaran Bahan Bangunan yang diperoleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) Analisis deskriptif, (2) Uji prasyarat analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas untuk membuktikan data yang disebar berdistribusi normal dan linear, (3) Uji Hipotesis, dan (4) Uji Regresi Sederhana yang berupa uji determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang rendah dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Mata Diklat Bahan Bangunan siswa Kelas XI Jurusan TKK dan Kelas XI jurusan TGB di SMK Negeri 1 Batipuh, hasil hubungan yaitu 0,332 (terletak di antara 0,20 - 0,399) dan taraf kepercayaan 95% dan dapat dilihat dari nilai sig (2-tailed) yaitu 0,006 < Alpha (0,05). Kemudian kontribusi besarnya pengaruh kemandirian belajar yaitu 11%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:07
Last Modified: 12 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23158

Actions (login required)

View Item View Item