Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang.

Guswandi, Hutri (2017) Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HUTRI_GUSWANDI_55368_745_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. Lebih dari 50% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Rendahnya disiplin belajar diduga sebagai salah satu penyebabnya. Indikasi rendahnya disiplin belajar siswa terlihat dari seringnya siswa terlambat masuk kelas, siswa sering keluar masuk kelas saat proses pembelajaran sedang berlangsung, siswa tidak membawa perlengkapan untuk belajar, dan juga tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. Populasi penelitian berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel 40 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran angket mengenai disiplin belajar kepada sampel, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar berupa nilai Gambar Teknik yang diperoleh siswa. Analisis data yang dilakukan meliputi: 1) Analisis deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis, dan 3) Uji hipotesis. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar sebesar 0,426 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,0006 < Alpha (0,05). Berdasarkan perolehan hasil pengujian tersebut, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:51
Last Modified: 11 Sep 2019 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23149

Actions (login required)

View Item View Item