Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Komptetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMPN 3 Payakumbuh

Arifa, Silvina (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Komptetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMPN 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Silvina_Arifa_15031046_1586_2019.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran IPA di SMPN 3 Payakumbuh. Permasalahan tersebut yaitu belum diterapknannya model pembelajaran dan kompetensi belajar pesera ddik yang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sistem peredaran darah manusia di SMPN 3 Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia di SMPN 3 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2018/2019 yang terdaftar pada kelas reguler yaitu sebanyak 23 8 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas konrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest dalam bentuk pilihan ganda untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data penilaian kompetensi belajar pada tiga aspek. Pertama, pada aspek pengatahuan didapatkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 77,20 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 69,60. Berdasarkan uji statistik menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung 3,32 > ttabel 1,67. Kedua, rata-rata kompetensi sikap kelas eksperimen adalah 83,79 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 76,38. Berdasarkan uji-t didapatkan nilai thitung 3,07 > ttabel 1,67. Ketiga, rata-rata kompetensi keterampilan kelas eksperimen yaitu 82,87, lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 77,31. Berdasarkan uji-t didapatkan nilai thitung 2,80 > ttabel 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia di SMPN 3 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:50
Last Modified: 11 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item