Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Square (TPSq) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Sistem Eksresi Manusia di SMPN 9 Padang

Juita, Yesna (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Square (TPSq) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Sistem Eksresi Manusia di SMPN 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Yesna_Juita_15031049_1788_2019.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 9 Padang yaitu model pembelajaran yang berpusat pada guru, rendahnya kompetensi pengetahuan peserta didik, kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah, dan belum menggunakan model pembelajaran Think Pair Square (TPSq). Upaya yang dilakukan yaitu mnerapkan model pembelajaran Think Pair Square (TPSq) bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem eksresi di SMPN 9 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Square (TPSq) terhadap kompetensi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Nonequevalent Control Group Posttest Only Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 9 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 berjumlah tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling sehingga didapatakan dua kelas sampel yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional dan kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Think Pair Square (TPSq). Penilaian yang dilakukan pada tiga aspek yaitu pada kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis berupa pilihan ganda, kompetensi sikap menggunakan lembar observasi penilaian sikap, dan komptensi keterampilan menggunakan lembar observasi penilaian produk berupa makalah. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 3 .16> ttabel 1. 6 7, pada kompetensi sikap nilai thitung 5. 3 4 > ttabel 1. 6 7, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 2.26 > ttabel 1.67. hal tersebut menunjukkan hipotesis diterima. Jadi penerapan model pembelajaran Think Pair Square (TPSq) bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan peserta didik di SMPN 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:50
Last Modified: 11 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23142

Actions (login required)

View Item View Item