Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Padang

Putri, Feby Herdiana (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Feby_Herdiana_Putri_1305640_728_2019.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas VIII SMPN 8 Padang masih tergolong rendah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif dan mampu berkomunikasi secara matematis. Salah satu model pembelajarannya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 8 Padang tahun pelajaran 2018/2019. J enis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design, dengan populasi peserta didik kelas VIII SMPN 8 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis untuk melihat kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji U-Mann Whitney. Berdasarkan analisis data penelitian pada taraf nyata diperoleh P-value = 0,0000, karena P-value , tolak . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:50
Last Modified: 11 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item View Item