Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Langkah Polya di Kelas X MIA SMA Negeri 4 Payakumbuh

Eriswandi, Venita (2018) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Langkah Polya di Kelas X MIA SMA Negeri 4 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_VENITA_ERISWANDI_14029054_4358_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematika merupakan suatu hal penting karena erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya, ditemukan fakta bahwa terdapat kesalahan yang dilakukan siswa kelas X MIA SMA Negeri 4 Payakumbuh dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Kesalahan yang dilakukan siswa perlu diidentifikasi guna untuk meningkatkan mutu kegiatan pembelajaran. Berdasarkan informasi tersebut penulis melakukan penelitian untuk menganalisis kesalahan siswa kelas X MIA SMA Negeri 4 Payakumbuh dengan tujuan untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika pada materi Trigonometri dan mengetahui faktor-faktor penyebabkan kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018 yang dilaksanakan pada bulan April-Juni 2018. Data diperoleh dari hasil observasi, tes tertulis pada materi Trigonometri dan wawancara secara bertahap. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan yang ditemukan yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 12,43%, kesalahan menyusun rencana penyelesaian masalah 57,98%, kesalahan melaksanakan rencana 17,75%, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh 11,83%. Penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut adalah karena siswa belum menguasai materi pelajaran dengan baik, siswa tidak terbiasa mengerjakan soal pemecahan masalah matematika, siswa belum bisa mengaitkan permasalahan dengan konsep dan prinsip matematika yang relevan, siswa kurang teliti, ceroboh, dan terburu-buru saat mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:50
Last Modified: 11 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23136

Actions (login required)

View Item View Item