Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang

Ramadhan, Syahrul (2018) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SYAHRUL_RAMADHAN_1305647_3650_2018.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Namun pada kenyataannya kemampuan penalaran matematis peserta didik tidak selalu dapat dicapai peserta didik secara optimal. Hal ini juga ditemukan di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kurang terlatihnya peserta didik untuk menggunakan dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas XI MIPA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran tes akhir berupa soal esai untuk melihat kemampuan penalaran matematis peserta didik. Berdasarkan analisis hasil tes akhir kemampuan penalaran matematis peserta didik, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematis dengan pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional dapat dilihat pada taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Adapun rata-rata tes kelas eksperimen yaitu 73,0 dan kelas kontrol yaitu 64,02

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:50
Last Modified: 11 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23133

Actions (login required)

View Item View Item