Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kontruksi Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Bukittinggi

Putra, Oleh: Arfi Ramadhana (2017) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kontruksi Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ARFI_RAMADHANA_PUTRA_1101827_848_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 bertujuan untuk mendorong siswa agar aktif pada setiap materi pembelajaran sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang berintegrasi. Untuk dapat mewujudkan itu diperlukan metode pembelajaran yang relavan dan menggunakan gaya belajar visual, audioterial, dan kinestetik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode quantum learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan metode quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kontruksi bangunan. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan rancangan penelitian metode Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X TGB 1 SMKN 1 Bukittinggi yang terdiri kelas TGB 1 sebagai kelas eksperimen (33 siswa) dan X TGB 2 sebagai kelas kontrol (26 siswa) tahun pelajaran 2015/2016. Sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homegenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. Data penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan metode quantum learning memperoleh nilai rata-rata 82,42 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional nilai rataratanya 75,69. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan sebesar 57 diperoleh thitung sebesar 2,779 sedangkan ttabel sebesar 1,671. Hal ini berarti thitung> ttabel, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan siswa dengan menerapkan metode pembelajaran quantum learning pada pokok bahasan menganalisis jenis dan fungsi struktur bangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:50
Last Modified: 11 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23132

Actions (login required)

View Item View Item