Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Padang

Hasnah, Shofiyatul (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SHOFIYATUL_HASNAH_1305651_3862_2018.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang sangat penting. Dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika, kemampuan pemahaman konsep matematika dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Namun, kenyataan dilapangan ditemukan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Padang masih rendah. Hal ini disebabkan belum optimalnya keikutsertaan siswa dalam menemukan dan memahami konsep serta belum optimalnya keikutsertaan siswa pada kegiatan berkelompok. Untuk mengatasi hal demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat dijadikan sebagai solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 26 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan sampel penelitiannya kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan VIII 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika dan analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:41
Last Modified: 11 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23130

Actions (login required)

View Item View Item