Pengaruh Penerapan Strategi Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Mustifah, Sari (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SARI_MUSTIFAH_1301311_4456_2018.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah salah satu tujuan yang diharapkan dapat dikuasai dan dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataan yang terlihat di lapangan belum seperti yang diharapkan. Hal ini juga terlihat di SMP Negeri 13 Padang. Penyebabnya yaitu keikutsertaan peserta didik dalam menemukan dan memahami konsep belum optimal. Strategi Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review dapat dijadikan solusi untuk permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperimental research) dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simplerandom sampling, peserta didikkelas VII 4 sebagai kelas control dan peserta didik kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir pemahaman konsep dan dianalisis menggunakan uji U Mann-Whitney, karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematika siswa diperoleh P-value = 0,0001 kurang dari taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:41
Last Modified: 11 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23128

Actions (login required)

View Item View Item