Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang

Rurisman, Rurisman (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RURISMAN_14029017_3299_2018.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik Kelas XI SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada materi Integral. Kualitas dari perangkat yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tahap Preliminary, Prototyping dan Assessment Phase. Pada tahap Preliminary dilakukan analisis kurikulum, analisis peserta didik dan analisis konsep. Tahap Prototyping merupakan tahap untuk merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3, prototype 4. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert review. Experts review.dilakukan guna untuk melihat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pada prototype 2 dilakukan ujicoba satu-satu (One-to-One Evaluation) dengan mengujicobakan perangkat yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan berbeda. Pada prototype 3 dilakukan ujicoba pada kelompok kecil dengan mengujicobakan perangkat yang sudah divalidasi kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan berbeda. Pada prototype 4 dilakukan field test. Uji lapangan dilakukan untuk melihat praktikalitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Tahap terakhir yaitu assessment phase untuk melihat efektivitas perangkat pembelajaran dengan melihat hasil tes akhir kemampuan penalaran yang diberikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik sudah valid. Perangkat juga sudah memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil angket dan wawancara. Berdasarkan tes akhir yang dilakukan dan perkembangan nilai LKPD peserta didik pada setiap pertemuan menunjukkan bahwa perangkat sudah berada pada kategori efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dihasilkan sudah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:41
Last Modified: 11 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item View Item