Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa Kelas VII SMPN 15 Padang

Akmar, Riri (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa Kelas VII SMPN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIRI_AKMAR_14029016_3776_2018.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan hasil observasi dan hasil ulangan di kelas SMPN 15 Padang, diperoleh informasi bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah dan motivasi belajar siswa belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui perkembangan motivasi siswa . Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest-posttest Design dan deskriptif . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 15 Padang, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes (pretest-posttest) kemampuan komunikasi matematis dan angket motivasi. Angket motivasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan data tes (pretest-posttest) dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 15 Padang untuk taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:41
Last Modified: 11 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23125

Actions (login required)

View Item View Item