Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang

Saputra, Ridho (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIDHO_SAPUTRA_1202920_3242_2018.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataan dilihat dari hasil observasi dengan memberikan soal tes kemampuan komunikasi matematika ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana, sampel yang diperoleh kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika yang dianalisis dengan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap proses pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching. Hasil analisis pada kemampuan komunikasi matematika peserta didik diperoleh p-value = 0,0052, hal ini berarti tolak . Model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik, dimana kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung pada kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang. Kesimpulan yang dapat diberikan adalah model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:41
Last Modified: 11 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23123

Actions (login required)

View Item View Item