Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil belajar Siswa di Kelas VIII SMPN 15 Padang

Maisel, Rian (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil belajar Siswa di Kelas VIII SMPN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIAN_MAISEL_1305654_3688_2018.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPN 15 Padang masih belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Proses pembelajaran matematika di SMPN 15 Padang masih terpusat pada guru dan siswa cenderung pasif menerima pembelajaran. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan penelitiannya randomized control-group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 15 Padang. Sampel penelitian dipilih secara acak dan terpilih kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-u satu pihak. Berdasarkan analisis hasil tes akhir dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan taraf kesalahan 5%. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:41
Last Modified: 11 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23122

Actions (login required)

View Item View Item