Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPN 1 Batusangkar

Wulandari, Cheni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPN 1 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Cheni_Wulandari_15031052_1654_2019.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 1 Batusangkar yaitu proses pembelajaran IPA yang berlangsung berpusat kepada guru, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, belum menggunakan model pembelajaran yang bermuatan literasi sians, dan kemampuan literasi sains yang rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing bermuatan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe snowball throwing bermuatan literasi sains terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Batusangkar yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung 4,31> ttabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 5,41> ttabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 3,85> ttabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe snowball throwing bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 1 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:40
Last Modified: 11 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item