Pengaruh Penerapan Teori Van Hiele terhadap Hasil Belajar Geometri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang

Safira, Ayuni Kemala (2019) Pengaruh Penerapan Teori Van Hiele terhadap Hasil Belajar Geometri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ayuni_Kemala_Safira_15029052_1985_2019.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang rendah merupakan permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran matematika. Pemahaman peserta didik terhadap materi matematika kurang terutama materi geometri dan peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran geometri berbasis teori Van Hiele merupakan salah satu solusi yang dapat membantu peserta didik memahami materi geometri lebih baik dengan kegiatan belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya dalam bidang geometri serta memberikan aktivitas belajar bagi peserta didik dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar geometri dan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berbasis Teori Van Hiele kelas VIII SMP N egeri 22 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian static group design dan penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simpel random sampling. Pengumpulan data pada penelitian melalui tes akhir berupa tes akhir hasil belajar geometri dan data aktivitas belajar peserta didik. Pembuktian hipotesis penelitian dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik cenderung mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai P - Value = 0,000 < a = 0,05, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar geometri peserta didik yang belajar menggunakan teori Van Hiele lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan teori Van Hiele terhadap hasil belajar geometri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:40
Last Modified: 11 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item